Kamis, 09 Juli 2009

BINA DESA POLTEKES, POLPOS, POLMAN BANDUNG, & POLBAN

BANDUNG, POLMAN NEWS - Sekitar 130 orang gabungan dari Politeknik Pos Indonesia Bandung, Politeknik Depkes Bandung, Politeknik Negeri Bandung, dan Politeknik Manufaktur Negeri Bandung melakukan kegiatan bina desa di Desa Citatah Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan yang berlangsung pada hari Minggu, 31 Mei 2009 ini cukup mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat. Kegiatan yang meliputi bakti sosial, pemeriksaan dan konsultasi kesehatan gratis ini bertujuan untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat di kampus, melaksanakan salah satu tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat, dan melakukan pembinaan pada masyarakat agar lebih peduli pada lingkungan dan kesehatan. Masalah yang paling terlihat adalah masalah yang sudah tidak asing lagi, yang seakan-akan masyarakat selalu kurang sadar akan masalah ini, masalah lingkungan dan kesehatan. Selokan yang menjadi tempat sampah, air untuk MCK yang tidak bersih, kekurangsadaran warga akan pentingnya kebersihan lingkungan, menjadi beberapa penyebab timbulnya masalah-masalah tersebut. Acara yang diakhiri pemberian bantuan sembako ini pun langsung ke pemecahan masalah-masalah tersebut. Poltekes di bidang kesehatan dan 3 Poltek lainnya melakukan bakti sosial membersihkan lingkungan. Poltekes yang membawa lebih dari 70 personil melakukan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan. Mereka terjun langsung ke rumah-rumah warga sambil melakukan pengamatan kondisi kesehatan secara umum. Hasilnya, warga secara umum sering kali menderita diare dan asma, terutama anak-anak. Seperti dituturkan salah satu observer Poltekes yang tidak mau disebutkan jatidirinya. Tak heran, karena memang keadaan lingkungan kotor, air untuk MCK kurang layak, ditambah gaya hidup tidak sehat. Selain itu, Poltekes juga membuka stand pemeriksaan golongan darah, tensi darah dan konsultasi gizi. 197 warga mendatangi stand ini. Sebagian besar dari mereka adalah anak-anak. Salah satu orang tua dari anak yang melakukan pemeriksaan mengaku senang dan terbantu dengan kegiatan ini, terutama untuk mengetahui golongan darah anaknya.

Di medan yang berbeda, 3 Poltek lainnya melakukan bakti sosial membersihkan lingkungan dan pengerasan jalan. Mereka terlihat bersemangat dan tak sungkan untuk membersihkan pekarangan warga dan selokan yang amat kotor. Namun sayang, partisipasi warga untuk membersihkan lingkungan sangat minim. Warga mengaku tidak diberi tahu oleh RW setempat. Walau demikian, secara umum acara berlangsung lancar. (ajie/pn)


MAHASISWA POLMAN DIHARAPKAN MELAKUKAN PENGABDIAN MASYARAKAT SESUAI BIDANGNYA

BANDUNG, POLMAN NEWS – Tanpa mengabaikan pentingnya aksi sosial, kurang tepat rasanya jika mahasiswa POLMAN Bandung melakukan pengabdian masyarakat hanya melakukan pembersihan lingkungan seperti yang dilaksanakan hari minggu 31 Mei lalu. Kontribusi yang diberikan kepada masyarakat hendaknya sesuai bidang yang digeluti, bidang manufaktur. Agar selain memberi manfaat untuk masyarakat, kegiatan semacam itu dapat menjadi sarana pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan yang dipelajari di kampus. Kita bisa mendatangi sentra industri kecil menengah yang masih menggunakan mesin-mesin tradisional. Membantu mereka mengembangkan mesin-mesinnya menjadi mesin semi modern atau bahkan modern guna meningkatkan produktivitas. Banyak hasil-hasil tugas akhir yang bertemakan mesin-mesin industri kecil menengah. Maha karya tersebut tentu sangat diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat, tidak sekedar syarat kelulusan untuk kemudian menjadi pajangan. Cukup menarik untuk dikaji menjadi suatu program bersama mahasiswa dan institusi di masa yang akan datang. Maju Terus !!

Komentar :

ada 0 komentar ke “BINA DESA POLTEKES, POLPOS, POLMAN BANDUNG, & POLBAN”

Posting Komentar

 

© 2009 Jurasicman. Published by JURASICMAN.

UKM PERS POLMAN BANDUNG : Admin : Ajie