Selasa, 30 Juni 2009

Krakatau Hoog Ven Industry Percayakan Proyeknya pada POLMAN

BANDUNG, POLMAN NEWS - Polman, selain sebagai institusi pendidikan juga sebagai industri yang memproduksi produk untuk costumer umum. Sebagai contohnya yaitu proyek yang baru-baru ini dikerjakan di Polman yang banyak membutuhkan tenaga kerja, yaitu pembuatan Carriage PWHT (Pos Welding Heat Treatment). Mesin ini berguna untuk annealing pipa dengan diameter 16” – 20” dan panjang maksimal yang dapat diproses adalah 15 m. Proyek ini merupakan proyek yang dipercayakan oleh PT. KHI kepada Polman Bandung.
Mengapa PT KHI mempercayakan proyek ini kepada Polman? Direktur Polman yang juga menjabat sebagai komisaris dari PT KHI, mengajukan kepada PT. KHI bahwa Polman juga sanggup mengerjakan proyek tersebut. Perlu diketahui bahwa PT KHI juga memesan produk tersebut dari Cina. Menurut PT KHI, setelah dibandingkan produk buatan Cina tersebut dengan produk buatan Polman, ternyata produk Polman jauh lebih baik dari produk Cina. Bahkan mereka menilai bahwa produk Polman ini hampir sama kualitasnya dengan produk buatan Jerman.
Pada pengerjaannya, proses ini dilakukan dalam tiga tahap. Yaitu designing, mechanical process dan control system. Dan tim kerja pun tidak hanya dari pihak instruktur dan karyawan Polman, namun juga dari mahasiswa yang notabene belum begitu berpengalaman dalam menangani proyek besar seperti ini. Namun hal ini sebenarnya bertujuan untuk melatih mahasiswa-mahasiswa Polman, sehingga mereka memang berpengalaman dalam jam terbang di bidang industri. Hal ini sesuai dengan strategi akademik Polman yang menerapkan sistem PBE dan 3,2,1, yang bertujuan menghasilkan technopreneur yang siap terjun ke lapangan. Namun, tentu saja dalam melibatkan mahasiswa dalam proyek-proyek yang diterima Polman, mereka tidak dilepas begitu saja. Tetap saja para instruktur dan karyawan yang lebih berpengalaman juga terlibat di dalamnya, baik sebagai operator langsung maupun sebagai pembimbing.
Karena permintaan dari PT. KHI untuk menyelesaikan proyek tersebut dengan waktu yang sangat singkat, sehingga membuat semua yang terlibat dalam pembuatan mesin ini harus mengambil lembur. Bahkan mahasiswa dan PKL diajak mengikuti lembur untuk menyelesaikan proyek tersebut. Walaupun begitu mereka tidak pernah mengeluh, karena mungkin salah satu faktornya lembur yang mereka lakukan “dibayar” dengan harga yang cukup besar, selain ilmu yang didapat tentunya. Ambil contoh Bambang Ari Pradana, salah satu mahasiswa jurusan Otomasi Manufaktur, dengan mengikuti kegiatan lembur lebih dari 50 jam, walaupun lelah, ia mendapat “bayaran” yang cukup besar dan juga ilmu yang sangat berarti dalam kegiatan produksi.
Kendala-kendala yang dihadapi dalam pengerjaan proyek ini yaitu pengadaan barang yang sulit, waktu pengerjaan yang singkat, harga barang yang cukup tinggi, system control mesin dan teknologi pembuatan mesin ini banyak yang belum dipahami. Namun kendala paling utama dalam proyek ini yaitu pengadaan barang. Karena kendala-kendala tersebut, pengiriman barang yang seharusnya 27 Maret 2009, baru bisa dikirim jumat kemarin. Walaupun pengerjaan proyek di Polman sudah selesai dan produk sudah dikirim, namun proyek tersebut belum bisa dikatakan selesai karena di PT KHI masih harus menginstal mesin dan dilakukan beberapa kali uji coba hingga proyek benar-benar bisa dibilang selesai. Saat ini di Polman hanya melakukan dokumentasi dari pengerjaan proyek tersebut.
Dari proyek yang dikerjakan, didapatkan beberapa keuntungan yang pastinya dari segi Profit. Tapi dalam segi Benefit-nya juga didapat beberapa keuntungan yaitu menyerap teknologi dan costumer baru serta mahasiswa banyak belajar yang baru. Dari hal-hal yang didapat itu diharapkan untuk siap menerima proyek-proyek baru yang bisa bersaing dengan produk Cina.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Krakatau Hoog Ven Industry Percayakan Proyeknya pada POLMAN”

Posting Komentar

 

© 2009 Jurasicman. Published by JURASICMAN.

UKM PERS POLMAN BANDUNG : Admin : Ajie